Sunday, December 12, 2010

REMEMBER US... FOREVER....

Heeelllooo SPARTANERS :D
Hahaha, panggilan yang udah lama ga terdengar yah. SPARTAN? Heemmmm apa sih itu? Bakso? likely sound familiar hehe. Udah lama banget rasanya blog ini tidur atau bisa dibilang “mati”? atau terserah lu mau bilang apa. Gue pribadi udah ga inget terakhir kali gue posting di blog ini tuh kapan, sampe2 gue juga udah lupa sense gue nge-post dulu tuh gimana. Yang jelas agak lebay (sangat malah), dan cenderung kayak orang autis (emangnya) yang ngomong sendiri, ngelantur tanpa arah yang jelas haha. Jadi postingan gue kali ini ga akan sama kayak dulu lagi yang freak abis, kebanyakan ketawa sendiri, walau gue ga jamin juga dipostingan gue kali ini ga ada tulisan HAHAHAHAHA yang menuh2in tempat, tapi bedalah pokoknya. Gue ga banyak bercerita tentang kebodohan2 yang biasa gue atau SPARTANS do usually, something different. Mungkin karena udah jarang ngumpul dan sibuk dengan kegiatan masing2 yang jadi ngebuat gue tidak bisa menampilkan sisi konyol2 yang ekstrim lebay seperti biasanya haha. OK let’s begin the story…

Metamorf. Ya ya ya kata ini mungkin seringkali kita dengar saat belajar biologi tentang seekor binatang yang buruk rupa, yang kemudian bermeditasi dan berubah menjadi sosok yang luar biasa indah, tentu tentang ulat yang menjelma menjadi seekor kupu2. Cerita klasik yang semua orang tahu haha. Tapi bagi gue kata ini yang sesuai dan bisa melambangkan keadaan anak2 SPARTANS sekarang, kenapa? Gue ngerasa aja kalau kita secara ga sadar telah banyak mengalami perubahan. Tempaan waktu, cobaan, tantangan yang berujung pada pengalaman2 baru yang telah kita hadapi selama 3 tahun terakhir tentu mendatangkan banyak perubahan bagi diri kita baik kita sadari ataupun ga. Gue ngomong begini juga bukan suatu karangan bebas yang gue buat dan mengada-ada atau ingin terlihat freak sains, tapi gue emang benar menyadari ada suatu hal yang berubah dari kita semua. Kedewasaan salah satunya. Waktu ga bisa dibohongi, 3 tahun sudah kita ‘lepas’ dari sangkar yang bernama 9-4 dan berpencar ke tujuan masing2. Selama itu pasti banyak hal yang terjadi, yang jadi pengalaman baru yang ga pernah kita hadapi semasa SMP dulu. Apalagi banyak yang bilang masa2 SMA itu adalah masa2 paling indah. Persahabatan, cinta, persaingan dan lain sebagainya menjadi rasa yang paling lezat yang membumbui hidup kita selama di SMA. Ga ada yang menyangkal semua itu. Dulu saat di SMP, orangnya bisa aja culun, rambut klimis, pegang buku, juga berkacamata lebar tapi pas SMA jadi playboy sekolah yang kerjanya putus-nyambung sama cewe2 top yang ada di sekolah dan jadi orang paling gaul yang pernah eksis di SMA. Juga bisa sebaliknya, mereka yang dulu bersinar di SMP, salah satu siswa yang begajulan (baca: bahasa jawa ‘begajulan’ yang artinya urakan, liar, ga kenal batas) bisa jadi dapat hidayah di SMA, jadi orang paling pintar dan alim di sekolah itu. Anything is possible.

Ga ubahnya kita. gue rasa pasti banyak hal yang udah kita alamin dan jadi titik balik dari kehidupan kita di SMA ini. Cinta adalah alasan paling pertama mungkin yang jadi bumbu paling manis semasa di SMA. Tapi gue gamau bahas soal yang satu ini, karena gue ga jago dalam bidang ini jadi gue ga mau spekulasi denbgan jadi orang paling sok ngerti soal cinta. Gue hanya ingin memberikan salah satu faktor yang berpengaruh besar bagi darah2 muda seperti kita semasa di SMA, hahaha. Contoh aja teman kita Annisa Permatasari, dia adalah salah seorang yang terkena sindrom ini, hehe. Gue inget banget dulu dia yang cablak, bergaya kayak preman pasar, tato sana tato sini (lebay), pokoknya cowo abis! Tapi sekarang coba liat! Dia telah memakai jilbab men!! Yang menandakan dia telah insyaf dari kebiasaannya mukulin orang di pasar, eh maksud gue udah beneran jadi cewe hehe. Dan cewe Spartan yang telah kembali pada jalan yang lurus juga bukan cuma nisa, masih ada ratusan bahkan ribuan lagi yang telah berjilbab. Oke gue tau ga selebay itu, tapi banyak ga cuma nisa. Kita ambil contoh lagi seperti Tikah Nur Utami, Safira Nafisa, Shella Fadela, Ryan Destiani, Dewi Emilia Bahry, Rima Rizki Kuswisnuwardani, Mutia Kusuma Wardani dan mungkin masih ada yang lain, karena setahu gue baru itu. Lihat! Banyak banget cewe yang sudah tobat, oke coret 3 nama terkahir, tapi masih ada Shella, Ryan, Tikah dan Fira. Walau dulu sering ke ‘BOKER’ (lewat doank maksudnya) tapi kini mereka udah tobat dan mengenakan jilbab. Beda sama yang kita kenal dulu. Inget banget gue ketika baru pertama kali dapet buku kenangan SMP kita tercinta itu, gue ama Peter Eduard berdiskusi kecil di belakang.
Gue : the the, te te, T T !!!
Uthe : ape sih lu ngomong’a jorok banget
Gue : hahaha yeee bukan gitu, liat the! Liat! Buku kenangan udah liat belum lu?
Uthe : belum emang kenapa?
Gue : oke sini gue tunjukin............................
*SENSOR*
Gue dan Uthe : HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA (terus ketawa sampe dialog ini berakhir)

Oke intinya saat itu gue ama opah peter tuh ngetawain foto2 anak2 cewe emang pas lagi foto di “MAKE OVER” sama tata riasnya, sangking niatnya ngerias dandanan anak2 cewenya malah bener2 ‘OVER’. Muka yang penuh dengan make up, lipstick, dan apa lah itu gue lupa peralatan gue ngelenong dulu. Intinya mereka menor abis sumpah, apalagi dengan gaya anak SMP yang baru puber membuat tampilan saat di foto sangat menarik, menarik untuk jadi bahan ketawa gue sama anak2 cowo SPARTAN. Sebut saja Bernando Nicolaos, Rahmat Subarkah, dan Bramantyo Suwondo. Buat anak cewe sori banget kalau rahasia ini gue pendam terlalu lama dan ga gue kasih tau ke kalian, tapi lebih baik tau telat kan daripada tidak sama sekali hehehe. Bahkan sekarang gue masih suka ketawa2 kecil kalo liat buken SMP kita tercinta itu lagi. Sungguh sangat dramatis :p .

Yang jelas gue bener2 ngerasa, ya kita telah dewasa, setidaknya kita udah ga seperti saat SMP dulu yang masih berpikiran kanak2 menjadi diri kita yang sekarang ini. gue mungkin kurang tau perkembangan lo semua kayak apa, jelas karena alesan yang udah gue sebut diatas tadi. Kita udah mencar2 ke tempat dan tujuan kita masing2 yang artinya kita uidah jarang ketemu. Gue bahkan ga tau Fetta Distiaza gimana keadaannya sekarang, bentuknya atau tingkahnya. Sepengetahuan gue sekaranmgn dari informan informan gue di 14, dia udah jadi anak yang ceriwis banget. Sering ngomong, bahkan sampe di rambu ‘S’ yang artinya STOP, dia ga mau berhenti ngomong. Beda banget sama Fetta yang dulu gue tau, kalo ga di timpuk pasti gamau ngomong maksudnya ga terlalu talkactive dan eksis di kelas. Gue bicara gini juga karena jujur selama gue di kelas 9-4, dan selama masa2 kelam yang gue lakuin di kelas itu. Ketawa seenak jidad, tidur dikelas, ga dengerin pelajaran malah ngetawain guru dengan kelompok bermain gue yaitu anak2 belakang yang gaduh dan ga tau sopan santun. Membuat gue jarang berkomunikasi dengan anak2 depan yang gaul dan ceriwis2 gitu. Gue juga ngerasa terlalu banyak kelompok2 di kelas 94. Katakan saja kelompok belakang yang urakan yaitu Gue, Nando, Uthe, Rahmat, Sandy, Bramantyo Suwondo, Philbertha G.P. Kelompok barisan depan yang eksis Fauzan Helmi Sudaryanto, Puteri Athira, Audria Guipitarini, Mutia, Luqman Ali Priodarsono, Singgih Arioseno, Arief Yudisthira, dkk. Kelompok ngerumpi Anjar Noviani, Danur Kusuma Atsari, Shella, Desfi Nur Kharisma, Ni’matul Khoiryah, dkk. Atau kelompok terpelajar macam Ika Ratna Yulianti, Safira, dkk. Atau yang cewe terlalu aktif sam,a cewe, dan cowo maunya sama cowo. Pokoknya banyak kelompok2, emang kita ga saling musuhan ga ada pertengkaran. Tapi secara ga sadar itu ngebuat kita canggung, ya canggung kalo masuk kelompok lain. Emang kita ngebaur kok, satu sama lain salinmg ngehargai yang lain. Ga ada maslaah di akhir tahun yang buat kita bikin meja diskusi kayak kelas2 lain mungkin kalo ada masalah mereka akan ngadain rapat, dan dalam rapat itu setiap orang akan ngomongin ketidaksukaannya pada masing2 individu di kelas. Kelas kita solid, gue yakin itu. Kalo ada yang ketawa karena suatu hal dianggap lucu kita pasti ketawa bareng, kalo ada yang nagis karena masalah yang lain pasti dating untuk ngehibur dan nenangin masalah, kita semua saling menghargai. Tapi gue ngerasain dan lu pasti ngerasain juga kalo rasa canggung itu tetap ada, seolah ada yang superior di atas inferior (apa coba). Tapi menurut gue itu wajar, buat kita yang masih SMP saat itu, pola piker yang belum berkembang baik (bukan anak autis), gue yang saat ini nganggep itu semua wajar. Tapi yang gue sangat sayangkan adalah ketika rasa canggung itu tetap hadir saat kita lagi reuni bareng, semisal BUKBER SPARTAN, NOBAR SPARTAN, kecuali Futsal yah. Karena kalo futsal sih yang ngumpul cowo doank. Yang gue maksud disini adalah saat kita semua lagi ngumpul bareng dalam suatu acara besar. Cowo, cewe, penyandang sindrom kinelfelter atau apa lah. Rasa canggung itu masih terasa. Dan herannya dari semua kedewasaan yang kita raih selama 3 tahun terakhir, seolah ga bisa ngehilangin rasa canggung yang ada dalam diri kita masing2. Semua masih malu2 untuk menyapa yang lain, semua masih malu2 untuk bersuara lantang dalam forum. Kita masih senang berkumpul dengan yang itu2 aja kalo lagi reuni. Semua buka forum tapi hanya dengan yang kelompoknya aja. Yah gitu deh, gue ga usah ngebahas detail, gue yakin kalian semua juga ngerasain. Gue cuma berharap, lain kali kalo kita ngadain event, gue harap semua ya! Semua anak SPARTANS bisa hadir dan memeriahkan acara, ga cuma si A, si B, si C yang jadi motor penggerak. Tapi lu!!! Lu yang jadi peramai suasana, gue pengen kita semua ngebaur, ga ada jarak, ga ada rasa canggung lagi, semua saling sapa, semua saling tertawa bahagia. Kita adalah ber-empat puluh yang satu, dalam naungan kelas 94. Berlokasi strategis antara ruang BK dan ruang piket. Kita adalah kelas yang digadang2 di seantero 103, dipuja2 dengan segala ke’lebihannya’, ke’unggulannya’, mematahkan semangat guru2 pengajar yang masuk tiap kali ke kelas kita, merusak dominansi peraturan yang mengekang di sekolah. Kita adalah SPARTANS, lu pasti udah tau kan bangsa Sparta adalah bangsa kuat yang tak tunduk pada hukum bangsa orang lain. Gue mau rasa canggung itu hilang ketika kita ngumpul lagi nanti, ga, gue yakin kita semua maunya seperti itu. Solid. Solid itu bukan cuma slogan yang didengungkan atau diucapkan tanpa ada umpan balik. Solid itu sesuatu yang harus dibuktikan dengan perbuatan bukan dengan ucapan. Yang perlu kita ingat adalah persahabatan itu adalah harta yang ga akan pernah habis, kita sekolah kita belajar, bukan hanya untuk mengejar nilai 100 di raport, bukan hanya soal masuk UI, masuk ITB, UGM atau dapat Perguruan Tinggi favorit lainnya. Adahal yang lebih dari sekedar nilai 100, prestasi membanggakan, atau PTN favorit. Yaitu persahabatan sejati yang membuat kita juga bisa bertahan selama ini. bayangin aja lu dengan prestasi lu yang membanggakan tapi ga ada seorang teman pun disisi lu, yang bisa ngebantu lu saat lu jatuh atau nyemangatin lu saat lu putus asa. Prestasi lu itu bukan apa2, bukan suatu hal yang penting dibandingkan seorang teman. Bisa jadi suatu saat nanti kita ngebutuhin satu sama lain lewat hal yang ga kita duga2. Kayak mungkin saat lu nanti jadi pengusaha sukses, miliarder ternama dan gue hanya pengangguran ga ada kerjaan. Tapi dengan persahabatan yang kita jalin, lu ngajak gue jadi temen bisnis lu, lu ngangkat gue dan nyerahin gue kepercayaan untuk ngurus salah satu cabang perusahaan lu. Sesuatu yuang ga akan kita sadari saat ini. tapi mungkin kita butuh suatu saat nanti. Itu dia persahabatn men… jangan lu liat dari segi materi, untung rugi atau baik buruknya. Sahabat itu ga kenal semua itu, cukup dengan saling mempercayai lu dapet 1 tiket menuju masa depan yang lebih terang. Persahabatan itu seperti aset kita untuk masa depan, aset kita yang berjalan seiring waktu. gue bicara gini bukan mau ngajarin lu soal arti sahabat, dan juga bukan ngedoain kalo suatu saat nanti salah satu diantara kita aka nada yang jadi pengangguran, gembel, atau yang jelek2 yang lain. Bukan. Gue yakin SPARTANS itu kumpulan dari orang2 pinter, dan baru pertama kali gue liat orang2 pinter itu ga saling sombong dan saling ngerasa lebih jago dari yang lainnya. Gue yakin kita semua itu adalah kumpulan orang2 dengan talenta dan bakat masing2 yang hebat. Bakat itu bukan cuma nilai fisika 100 atau matek 100. Tapi kayak kemampuan mengorganisir suatu organisasi atau event, kemampuan artistic lu jiwa seni lu, dan masih banyak lagi. Dan gue yakin kita semua bakal jadi orang hebat di masa yang akan datang, bahkan kita sudah telah menjadi orang hebat sekarang ini tanpa kita sadari mungkin. Kita secara ga sadar itu butuh link sahabat yang sebanyak2nya dan seluas2nya, dan jangan sampai link persahabatan kita di SPARTANS ini renggang atau putus. Karena suatu saat nanti kita ga tau yang akan terjadi, mungkin kelak gue akan butuh lu atau lu akan butuh pertolongan gue. Ga ada yang tau. Semua misteri dan semua tersembunyi. Kita cuma bisa berusaha hari ini, hari esok tak ada yang tahu bukan? Jadi gue harap, persahabatan kita ini, ga akan renggang atau putus sama sekali. Walau kita nantinya akan mencar2 ke ujung2 dunia sekali pun. Mempunyai hidup baru dan teman2 baru, ga akan merubah persahabatan kita yang telah dipertemukan oleh takdir bernama SPARTANS ini.

Dan dari kata2 gue yang panjang dan muter2 ini mungkin, gue mau bilang yang INTINYA (uuuhhhh dari tadi kek). Apapun hal yang terjadi, yang ngebuat kita jadi berubah ke arah yang lebih baik atau sebaliknya, berubah menjadi dewasa. Apa pun mimpi kita, dunia kita nanti, apa pun itu. Jangan sampai membuat persahabatan kita kandas. Perubahan adalah suatu hal yang manusia butuhkan, setiap orang butuh perubahan. Kita belajar dari pengalaman dan dengan pengalaman itu kita berubah, tentunya ke arah yang lebih baik. Jangan sampai malah kiat terjerumus dan masuk ke dalam perubahan ke arah yang tidak baik. Setiap orang belajar hal baru, menemukan hal baru yang tak pernah ia lihat sebelumnya saat ia terus berjalan mengikuti arus waktu, tapi persahabatan itu akan terus ada dan akan semakin tumbuh dan kuat ikatannya selama kita menjaganya dengan baik dan tidak membiarkan sesuatu itu merusaknya. Kayak tanaman aja, semakin lu rawat dia maka tanaman itu akan tumbuh semakin besar dan semakin rindang. Jadi sekali lagi, nama SPARTANS itu bukan hanya kenangan yang hanya berlabuh sementara di dalam kehidupan kita. tapi SPARTANS adalah dermaga awal sekaligus tujuan dari masa depan kita yang cerah dan gemilang :DDD
Akhir kata saya mohon maaf atas postingan kali ini, kalo ada pihak yang tersinggung atau memiliki kesamaan fisik, nama, maupun tingkah laku itu hanya kebetulan belaka hehehe. Ayoo SPARTANS!!! Sukses ya buat UN, SIMAK, SNMPTN atau tes2 lain yang pengen lu ikutin. Semoga di akhir periode masa2 abu2 kita semua dapat diakhiri dengan goresan tinta yang indah. Dan terpampang besar dan indah di madding sekolah kita, ANDA DINYATAKAN LULUS!!! AMIN..

Sampai jumpa lagi di postingan berikutnya hehehe